«

»

Oct 06

Seminar Mikrokontroler Politeknik Negeri Bandung

Sabtu, 6 Oktober 2012, diberi kesempatan oleh panitia penyelenggara seminar mikrokontroler di Politeknik Negeri Bandung, untuk menjadi salah satu pemateri. Acara seminar satu hari yang berlangsung di Pendopo Agung kampus Politeknik Negeri Bandung, dan mengusung tema “Make a Simple Life with Microcontroller”, dihadiri oleh 400+ peserta, mayoritas mahasiswa.

Saya diberi “mandat” untuk menyampaikan materi terkait dengan Teknik Komunikasi dan Antarmuka 🙂

Mengingat ada tantangan dalam diri untuk selalu menyampaikan materi dengan kualitas yang berbeda, maka dalam seminar kali ini, saya menyampaikan materi komunikasi data dan physical computing, dengan cukup dalam.
Mungkin, bagi peserta pemula, materinya cukup berat, mengingat berbicara soal register dan bagaimana men-setting setiap register yang terkait dengan komunikasi data. Pemrogramannya pun harus dilakukan di dua sisi, sisi mikrokontroler – menggunakan kolaborasi AVRStudio + WinAVR dan sisi komputer – menggunakan software open source Processing.

Kiranya, apa yang disampaikan, baik materi maupun demo aplikasi, bisa memberikan manfaat kepada seluruh peserta yang hadir, menantang sekaligus meng-inspirasi.