«

»

Apr 22

Seminar Hacking Arduino

Seminar Hacking Arduino yang diadakan Hima Sistem Komputer Universitas Kristen Maranatha Bandung, berlangsung pada hari Sabtu, 20 April 2013, pk 09.00 – 12.00, bertempat di Ruang Paulus, Gedung GAP Lantai IV.

Acara seminar yang dihadiri oleh lebih dari 120 peserta dari sejumlah perguruan tinggi di Bandung dan luar Bandung, berlangsung antusias.

Seminar Hacking Arduino

Acara dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Jurusan Sistem Komputer dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Kristen Maranatha.

Dalam seminar yang berdurasi 2.5 jam ini pemateri memulainya dengan penjelasan mengenai apa itu Arduino dan arsitektur yang menjadi fondasinya, baik hardware maupun software. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai bagian-bagian dari sistem yang dapat di-hack untuk mendapatkan ukuran program yang lebih kecil serta kinerja yang lebih baik. Materi terakhir yang disampaikan pemateri adalah sejumlah tips & tricks, khususnya dalam ranah multitasking, untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki mikrokontroler, khususnya AVR.

Kiranya, materi yang disampaikan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru, bahwa ada cara-cara yang luar biasa yang bisa dilakukan, untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Bukan lagi sekedar pengguna Arduino biasa, namun mampu melakukan terobosan yang memberikan keunggulan.

Ketika demo, kami menggunakan platform NS.One, arduino cloning yang dikembangkan oleh tim riset Padepokan NEXT SYSTEM Bandung.