«

»

Feb 06

Kuliah Tamu Robotika

Kuliah Tamu Robotika
Sabtu, 06 Februari 2010 10:22

Kuliah Tamu Robotika kemarin telah dilaksanakan bertempat di Swiss Bell-Hotel Tarakan seperti yang telah direncanakan semula oleh pihak Kampus. Syukur kepada Allah SWT acara berlangsung dengan baik, meski hujan sempat mengguyur kota Tarakan di pagi hari sejak pukul 7.30, otomatis acara tertunda sejenak karena cuaca yang kebetulan tidak mengijinkan.

Secara keseluruhan acara berlangsung dengan seru dan khidmat sampai pembicara harus meninggalkan tempat karena jadwal kepulangan sudah menunggu di Bandara Juata Tarakan.

Seminar Robotika di Kampus Biru ini bertajuk “Embedded Robotics : Mobile Robot Design and Applications” ini dipandu oleh moderator Bpk. Kandi Harianto, S.Kom, yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Robotika Kampus Biru dan pembicara Bpk. Ir. Christianto Tjahyadi sebagai seorang Pakar Robotika dari Bandung – Jawa Barat.

Pak Chris, demikian sebutan akrab beliau ini adalah lulusan Universitas Kristen Maranatha Bandung, dimana telah terlibat sebagai penggerak aktifitas Robotika di Bandung dan Provinsi Jawa Barat kurang lebih hampir 10 (sepuluh) tahun. Kiprahnya di dunia Robotika tidak lain dari memang latarbelakangnya seorang sarjana Teknik Elektronika lulusan 1990. Prestasi beliau yang tidak bisa dianggap enteng adalah beliau bersama-sama Dosen-Dosen Tim Robotika Universitas Komputer (UNIKOM) Bandung mampu menorehkan prestasinya memenangkan emas saat di Kontes Robotika di Amerika dua tahun lalu.

“Robot masa kini sudah jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan masa saat kuliah saya dulu”, demikian seperti apa yang disampaikan beliau disela-sela Kuliah Tamu di pagi kemarin (5 Februari 210). “Kecanggihan teknologi memang membuat alat semakin kecil dan semakin mudah untuk diprogram dan dikendalikan. Saat saya kuliah dulu, agak bergidik saat orang mengatakan akan membuat robot, namun saat ini kemudahan pembuatan robot menjadi sebuah sarana untuk mengintegrasikan (meng-embedded) pada hampir seluruh peralatan”, tambahnya.

Kuliah tamu ini berdurasi 120 menit, mulai jam 8 pagi hingga jam 10 WITA, dilanjutkan dengan sessi tanya jawab selama kurang lebih 30 menit. Antusiasme para peserta cukup tinggi, demikian juga saat di demokan robot yang kebetulan dibawa oleh beliau dengan kendali remotecontrol dan mampu mapping (pemetaan) jalur yang ada hingga robot bisa berjalan sesuai apa yang diinginkan.

Peserta sebenarnya kurang puas dengan waktu sessi tanya jawab yang dirasa kurang ini, namun apa mau dikata, karena waktu jua-lah yang membatasi. Namun pembicara menutup sessi ini dengan memberikan alamat email hingga dapat dikontak untuk konsultasi lebih lanjut.

Acara Kuliah Tamu ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata bagi Pembicara dari Ketua STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati berupa¬† vandel dan kenang-kenangan berupa Batik khas Kalimantan Timur. “Kenang-kenangan ini sebagai simbol bahwa Pak Chris selalu ingat tentang Tarakan dan Kalimantan Timur”, demikian disampaikan oleh Ketua Sekolah Tinggi.

Acara berikutnya yang sangat ditunggu-tunggu juga oleh para peserta seminar adalah pengundian doorprize. Hadiah yang disediakan berupa beberapa jam meja, gelas dan agenda dari PT. Microsoft Indonesia yang sebenarnya akan dilaksanakan hari ini, tanggal 6 Februari 2010.

Demikian berita seputar kampus biru, sebagai acuan tentang aktifitas kita yang tidak pernah padam untuk terus berprestasi membuka wawasan dan mencerdaskan masyarakat kota Tarakan.

Sumber: STMIK PPKIA