«

»

Jun 05

Motor DC dan Gearbox

Dalam membangun sebuah mobile robot, biasanya kita terkendala dengan chassis dan motor, terutama bila menggunakan motor DC. Bila menggunakan motor servo (continuous servo), karena bentuk fisiknya kotak, maka cukup mudah untuk menempatkannya pada chassis. Namun, motor servo umumnya memiliki kecepatan yang rendah, yakni sekitar 60 rpm saja.

Motor DC kebanyakan memiliki bentuk fisik bulat, sehingga tidak mudah untuk memasangnya pada chassis. Kecepatan putarnya (RPM) tinggi, namun torsinya rendah sehingga perlu dilengkapi dengan gearbox. Nah, menambahkan gearbox adalah masalah yang lain lagi, mengingat tidak mudah untuk mendapatkan gearbox yang sesuai dengan motor yang kita gunakan. Terkadang, persoalan yang satu ini sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menawarkan cara mudah menggunakan motor DC, dengan menyediakan sejumlah produk motor DC yang sudah dilengkapi dengan gearbox, serta mudah dalam pemasangannya.

Pada gambar di atas, motor DC dengan kemasan fisik seperti motor servo dan sudah dilengkapi dengan gear train. Beroperasi pada tegangan 6 VDC dan mampu memberikan kecepatan hingga 300 rpm dengan torsi sekitar 2.4 kgf.cm.

Pada gambar disamping, motor DC yang telah dilengkapi dengan double gearbox. Kombinasi gear ratio dapat memberikan kecepatan maksimum hingga 1.040 rpm (efisiensi maksimum, torsi ~ 40 gf.cm) dan torsi maksimum hingga 2,3 kgf.cm (kecepatan ~35 rpm) pada tegangan kerja 3 VDC. Paket terpadu ini sangat mudah dipasangkan pada chassis yang rata.

Dengan demikian, chassis dan motor bukan lagi kendala untuk memulai “ngoprek” robotik, terutama mobile robot. Mulailah sebuah langkah kecil hari ini – start small, start now – untuk sebuah hasil yang luar biasa di esok hari 🙂

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk di atas, konsultasi mengenai pembelajaran robotik di sekolah, serta pelatihan membuat mobile robot, silahkan menghubungi NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.