«

»

Apr 10

Memacu Motor DC

0j323600Motor DC kerap digunakan sebagai penggerak robot beroda. Di pasar, kita bisa menemukan sekian banyak pilihan. Salah satu yang sering saya gunakan, khususnya dalam produk Robot Edukasi yang dikembangkan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, adalah motor DC kecil buatan Tamiya, yang memiliki tegangan kerja 1.5V – 3 Volt, dan mampu berputar (tanpa beban) 12300 rpm pada tegangan 3 Volt.

Dalam penggunaannya, kita sering tergoda untuk memacu motor agar dapat berputar lebih cepat, dengan memperbesar tegangan yang diberikan. Sebenarnya, hal ini bukanlah hal yang ditabukan, asal kita paham resikonya. Dengan memberikan tegangan yang lebih besar, maka usia motor akan semakin singkat.

Dari sebuah ujicoba yang dilakukan oleh seorang rekan, dengan memberikan tegangan sebesar 3V (seusai dengan ketentuan pabrik), motor dapat berputar dengan kecepatan konstan selama 72 jam, kemudian mengalami penurunan. Sementara bila dicatu dengan tegangan 5V, motor berputar konstan selama 8 jam, kemudian mengalami penurunan. Dan bila dicatu dengan tegangan 7.2V, motor berputar konstan selama 0.5 jam setelah itu mengalami penurunan dan berujung pada “kematian”.

Bila memerlukan motor DC yang sudah dilengkapi dengan gearbox, dengan gear ratio yang dapat diatur, silahkan menghubungi NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.