«

»

Nov 20

Belajar Robot Identik dengan High Cost

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekolah di Indonesia, terutama di kota besar, mengadakan program pembelajaran robotika, sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler, sekaligus dijadikan amunisi untuk promosi sekolah. Program robotika dianggap sebagai magnet yang dapat menarik animo masyarakat. Program ini pun dianggap mewakili bentuk dukungan terhadap pembelajaran teknologi terapan di sekolah.

Antar sekolah bersaing untuk menggelar program tersebut. Siapa yang memiliki infrastruktur yang wah, akan mencuri perhatian yang lebih besar. Untuk itu, sekolah-sekolah yang memiliki dukungan dana yang kuat, tidak segan untuk melakukan investasi terhadap perangkat keras yang diperlukan.

Mengadakan perangkat keras tidak sulit. Dengan ketersediaan dana, langkah ini dapat dilakukan dengan mudah. Namun, persoalan yang lebih krusial adalah ketersediaan tenaga pengajar yang mumpuni, yang mampu menggerakkan program ini dengan baik.

Beberapa sekolah yang tidak mau ambil pusing, merangkul sejumlah lembaga pendidikan non-formal untuk mendukung program robotik di sekolah mereka. Mereka meng-adopsi kurikulum dari luar negeri dan sebagainya. Langkah ini adalah langkah cepat, walaupun biayanya tinggi. Biaya mungkin tidak jadi soal karena akan dibebankan kepada siswa yang mengikutinya. Memang, biaya mengikuti ekskul robotika termasuk tinggi, bahkan beberapa sekolah mengutip biaya hingga 7 digit!

Pertanyaannya adalah, apakah esensi dari program pembelajaran robotika adalah demikian? Apakah pembelajaran robotika memang identik dengan high cost?

Sebenarnya kita bebas untuk memilih. Pilihan produk impor jelas high cost. Selain initial investment yang tidak kecil, juga maintenance cost yang tidak murah. Perlu melakukan perhitungan total cost of ownership yang cermat sebelum mengambil keputusan.

Pilihan pada kreasi lokal adalah yang terbaik. Mengembangkan platform robot yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan sekolah adalah hal yang tidak sulit dilakukan, karena langkah-langkah untuk mengembangkannya dapat diakses dengan mudah.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center adalah sebuah pusat pembelajaran robotik dan tempat untuk menimba pengalaman robotik, yang fokus pada peningkatan sumber daya manusia, agar mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk percepatan pembelajaran teknologi di sekolah dan kampus. NEXT SYSTEM mengembangkan platform Robot Edukasi, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran robotik di Indonesia. Sekolah dan kampus dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran yang fleksibel, karena dapat dikembangkan sesuai dengan kreasi dan kebutuhan.

Robot Maze Solver dan Obstacle Race, kreasi anak-anak Padepokan Robot NEXT SYSTEM Bandung.

Gambar di atas adalah dua buah robot yang dikembangkan oleh anak-anak yang belajar danĀ berlatih diĀ NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, untuk menjawab tantangan sebuah lomba robot tingkat nasional. Sebuah kreasi dan keunggulan lokal yang perlu terus menerus didorong, sekaligus menunjukkan bahwa kita mampu asal kita mau.