«

»

May 26

Pelatihan Robotik di Malam Hari

Dalam hajatan lomba kreasi siswa 2009 yang digelar Diknas Pemprov Jawa Barat di Grand Hotel Lembang, 24-27 Mei 2009, saya diminta untuk membantu memberikan pelatihan kepada 15 siswa kelas akselerasi yang datang dari berbagai daerah. Adapun targetnya adalah, memilih satu siswa untuk menjadi wakil Jawa Barat di kompetisi tingkat nasional.

Pelatihan ini, selain mendadak, juga dilangsungkan di malam hari. Saya agak sedikit kuatir dengan masalah konsentrasi, mengingat pelatihannya sendiri baru dimulai pk 20.00 wib, dan mayoritas siswa belum pernah ngoprek robot alias blank.

Namun, ini adalah kesempatan yang menantang, dan saya harus bisa mengatasi segala kelelahan ataupun rasa kantuk dari peserta. Saya pun harus menyampaikan materi robotik dengan menahan rasa lapar, karena saat itu memang belum makan malam. Saya pun mencoba melupakan rasa lapar karena berpacu dengan waktu. Tanpa jeda istirahat, seluruh materi dan sejumlah praktek dapat diselesaikan dalam waktu 4 jam!

 

Pelatihan Pemrograman Robot Edukasi dengan Bahasa BASIC pun akhirnya tuntas disampaikan ketika jam menunjukkan pukul 24.00 wib alias tengah malam. Line Follower Robot yang menjadi target dari pelatihan ini, dapat tercapai dengan baik; dan peserta pun cukup percaya diri untuk unjuk kemampuan saat proses seleksi di hari Rabu, 26 Mei 2009.

Akhirnya, makan malam tiba juga. Menikmati makan malam sambil menikmati keheningan malam dan udara sejuk Lembang, serta bersyukur karena Tuhan masih memberi kesempatan untuk berbagi 😉