Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning

Setelah hampir 3 tahun memberikan pelatihan terkait Machine Learning dan Deep Learning, serta membimbing skripsi mahasiswa dengan topik terkait; saya mencoba mengutip sebuah penjelasan singkat yang ada di NVIDIA Blog. Penjelasan lebih komprehensif tentunya akan lebih mudah dan menarik, karena disertai contoh secara live, biasanya saya sampaikan di ruang pelatihan atau seminar atau kuliah umum

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah masa depan. Kecerdasan buatan adalah fiksi ilmiah. Kecerdasan buatan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Semua pernyataan itu benar, hanya tergantung pada rasa AI apa yang kita maksud.

Sebagai contoh, ketika program Google DeepMind AlphaGo mengalahkan Master Korea Selatan Lee Se-dol di game board Go awal tahun 2016, istilah AI, machine learning dan deep learning, digunakan di media untuk menggambarkan bagaimana DeepMind menang. Dan ketiganya adalah bagian dari alasan mengapa AlphaGo bisa mengalahkan Lee Se-Dol. Namun, ketiganya tidak sama.

Cara termudah untuk membayangkan hubungan mereka adalah, dengan mem-visualisasikan mereka sebagai lingkaran konsentris dengan AI – ide yang datang pertama – terbesar, kemudian machine learning – yang berkembang kemudian, dan akhirnya deep learning – yang mendorong ledakan AI hari ini – tepat di dalam keduanya .

Berkat Deep Learning, AI Memiliki Masa Depan yang Cerah

Deep Learning telah memungkinkan banyak aplikasi machine learning praktis, dan dengan perluasan bidang AI secara keseluruhan. Deep Learning memecah tugas dengan cara yang membuat semua jenis alat berat tampak mungkin, bahkan mungkin. Mobil tanpa pengemudi, perawatan kesehatan preventif yang lebih baik, bahkan rekomendasi film yang lebih baik, ada di sini hari ini atau di cloud. AI adalah saat ini dan masa depan. Dengan bantuan Deep learning, AI bahkan dapat mencapai kondisi fiksi ilmiah yang telah lama kita bayangkan.

Bersambung …

Di Padepokan NEXT SYSTEM Bandung, ada kelas pelatihan terkait Computer Vision, Machine Learning dan Deep Learning, yang diselenggarakan secara intensif, dan terbuka untuk umum.