«

»

Dec 17

Teknologi Robotik Perlu Dikenalkan Sejak Dini

Cilegon, 16/12 (Antara/FINROLL News) – Teknologi robotik perlu dikenalkan kepada siswa sejak dini karena banyak aspek pelajaran yang bisa didapatkan mulai dari memahami matematika, fisika dan kimia hingga belajar memecahkan masalah, kata seorang instruktur.

“Selain itu dengan mempelajari teknologi robotik siswa dipacu menjadi kreatif dalam mengaplikasikan idenya,” kata instruktur robotik dari NEXT SYSTEM, Christianto Tjahyadi di sela lomba robot cerdas tingkat SMA dan SMK se-Provinsi Banten yang digelar Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Tirtayasa (FT Untirta) di Cilegon, Rabu.

Namun menurut Christianto, untuk memasukkan teknologi robotik ke dalam kurikulum sekolah masih menimbulkan pro dan kontra, sehingga perlu waktu dan persamaan pandangan.

“Banyak aspek yang bermanfaat apabila siswa mulai memahami teknologi robotik, selain pelajaran ilmu pasti ada aspek lain seperti kerja sama tim dan belajar memecahkan masalah yang rumit dengan mudah,” jelas dia.

Perlombaan robot cerdas tingkat SMA dan SMK itu pertama kali digelar di Provinsi Banten.

Sebanyak dua puluh sekolah yang terbagi dalam dua puluh tim mengikuti perlombaan robot cerdas tersebut.

Ketua pelaksana Herlein Widiawan mengatakan, perlombaan tersebut merupakan upaya memperkenalkan teknologi robotik kepada para pelajar SMA dan SMK.

“Mereka ini baru pertama kali mengikuti perlombaan, sebelumnya kami memberikan pelatihan tentang robotik kepada mereka,” jelas dia.

Dia menambahkan, para pelajar diberi pemahaman bahwa di dunia kerja sekarang banyak yang sudah memakai teknologi robot, seperti industri, bidang kesehatan dan bidang pekerjaan lain.

Salah seorang pelajar dari SMK 1 Cilegon jurusan listrik Syarif mengaku sangat beruntung bisa mengikuti perlombaan tersebut yang merupakan pengalaman baru baginya.

“Ternyata apa yang saya pelajari di sekolah bisa diselesaikan dengan cepat dengan menggunakan teknologi robotik,” kata dia.