«

»

Aug 17

Siapapun Bisa Membuat Robot Cerdas

Sebuah kliping Radar Bandung edisi Senin, 16 Agustus 2010, yang mengangkat hasil bincang-bincang santai seputar robot untuk pendidikan di kantor NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, beberapa hari sebelumnya.

Membuat robot menjadi cerdas adalah bagian yang paling sulit. Dan seyogyanya, bagian ini menjadi fokus dari para peminat robotik.

Selama ini, banyak pembelajar robotik terlalu fokus pada bagaimana merakit robot.  Padahal, tanpa kecerdasan, robot hanyalah sebuah boneka pajangan.

Berikut adalah beberapa sifat robot:

* Tidak alamiah atau sesuatu yang dibuat.

* Bisa merasa, me-manipulasi dan ber-interaksi dengan lingkungan yang diberikan.

* Memiliki kemampuan untuk memilih berdasarkan kondisi lingkungan yang diberikan, karena adanya kendali otomatis dalam diri robot.

* Diprogram.

* Bergerak.

Bila melihat sifat-sifat tersebut, banyak alat yang bisa disebut robot. Seperti mesin cuci otomatis, eskalator otomatis, pintu yang dapat membuka dan menutup otomatis. Tetapi, mobil, hairdryer dan mesin pemotong rumput, termasuk mesin bukan robot.

Dari sifat-sifat di atas, robot adalah sebuah mesin namun tidak semua mesin adalah robot.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menyelenggarakan sejumlah program pembelajaran robotik praktis, yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan, gender dan usia. Siapapun bisa belajar robotik dan mendapat manfaat darinya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai robotik dan program pembelajarannya, silahkan menghubungi NEXT SYSTEM Robotics Learning Center di nomor telepon (022) 4222062, 70775874 atau melalui email: info@nextsys.web.id, atau datang langsung ke kantor kami di ITC Kosambi Ruko F2, Jl. Baranang Siang 6-8, Bandung 40112.