«

»

Oct 10

Ketika Demam Robot Menyerang

GATRA No.48 / 8-14 Oktober 2009 – Mereka tentu tidak sedang merangkai bunga. Tapi, “Jauh-jauh datang kemari hendak belajar merangkai robot,” kata Adi, guru SMP Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Guru ilmu komputer itu sudah empat hari mengikuti pelatihan robot di kantor Next System di Bandung. Next System dikenal sebagai perusahaan yang memberikan program pelatihan mikrokontroler dan robotika untuk umum.

Adi berharap, pelatihan ini dapat menjadi penunjang belajar para siswanya. “Robotika mesti dikuasai para siswa,” kata Adi.

Ternyata, peserta yang dapat tak hanya anak-anak SD. Para pehobi robot, masyarakat umum, hingga ibu-ibu rumah tangga pun bermunculan. Next System bahkan khusus membuat program pelatihan “Robotics for Families” untuk menampung peserta ibu rumah tangga. “Pesertanya memang beragam, dari anak umur delapan tahun hingga dewasa 50 tahun. Klien kami juga berasal dari Aceh hingga Makassar,” ujar Managing Director Next System, Christianto Tjahyadi.

Next System juga menawarkan paket kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, juga menyelenggarakan program untuk guru dan keluarga. Tiap program dirancang khusus sesuai dengan karakter dan keinginan peserta. Kelas anak-anak, misalnya, difokuskan pada pengenalan dasar robotik dan kreativitas. “Tiap kelas, pesertanya maksimal 6 orang. Di sini, mereka dapat membentuk robot sesuai dengan kreasinya,” kata Christianto.

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id