«

»

Jun 17

Prestasi Robot Indonesia Sengat Semangat Pemuda

Bandung – Menggeliatnya robotika di daerah-daerah, salah satu penyebabnya, karena pemberitaan tentang prestasi robotika Indonesia di kancah internasional. Kaum muda di area yang relatif jauh dari kota besar itu pun tersengat dan terpicu semangat ingin mengembangkan robotika.

Demikian diungkapkan oleh Christianto Tjahyadi, Managing Director NEXT SYSTEM Robotic Learning Center saat berbincang dengan detikINET, Senin petang (14/6/2010). Menurutnya, pemberitaan tentang robotika memicu keingintahuan sekolah-sekolah di daerah untuk mempelajari robotika.

Kondisi seperti ini, sambungnya, sangat memudahkan pihaknya untuk menularkan virus robotika di seluruh daerah di Indonesia. “Mereka tersengat. Berbondong-bondong mereka ingin belajar tentang robotika,” katanya.

“Kami hanya jemput bola. Mereka datang dengan semangat. Hal ini berbeda dengan jika didorong-dorong untuk belajar robotika. Mereka tidak memiliki motivasi yang kuat untuk belajar robotika,” ungkap pria yang bercita-cita melakukan roadshow ke sekolah-sekolah di daerah untuk menyebarkan virus robotika.

Dituturkan oleh Christ, panggilan akrab pria berkacamata ini, bahwa sudah 2 tahun pihaknya menyelenggarakan program pelatihan buat guru. Program yang bernama ‘Robotic Camp for Teacher’ ini memberikan pelatihan robotika dasar.

“Mereka belajar dasarnya. Mulai dari pengenalan robot, rancang bangun, sensor serta bagaimana membuat robot itu cerdas,” katanya.

Selama ini pesertanya pun kebanyakan tidak berasal dari kota besar. Justru dari kota-kota kecil seperti Tegal, Klampok, dan beberapa kota di Jabar dan luar Pulau Jawa. “Mereka justru lebih antusias. Motivasi mereka sangat kuat,” tegasnya.

Sumber: detik.com