«

»

Jul 08

Minat Membeli Robot Edukasi Meningkat

logo_kompas_white

Selasa, 7 Juli 2009 | 13:34 WIB

Bandung, Kompas – Minat masyarakat Bandung membeli robot untuk tujuan edukasi semakin meningkat. Jumlah peserta kursus robot pun terus naik. Siaran televisi, internet, dan majalah yang lebih sering membahas robot membuat ketertarikan masyarakat bertambah.

Managing Director Next System Christianto Tjahyadi di Bandung, Senin (6/7), mengatakan, saat ini pihaknya dapat menjual robot untuk edukasi sekitar 10 unit per bulan. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan masa-masa awal ia memasarkan robot pada awal 2007, sekitar 3-5 unit per bulan.

“Dulu, robot yang dijual hanya produk impor. Sekarang, kami sudah memproduksi robot edukasi produksi sendiri,” katanya. Harga robot impor sekitar Rp 2,5 juta-Rp 5 juta per unit dan produk Next System sekitar Rp 1,6 juta-Rp 1,8 juta per unit.

Manfaat mempelajari robot antara lain adalah meningkatkan kemampuan bekerja sama, menguasai teknologi, dan berkomunikasi. Dampaknya, kursus robot pun semakin dicari. Menurut Christianto, saat ini jumlah peserta kursus di tempatnya dan sekolah-sekolah umum yang mendapatkan pelatihan robot dari Next System sekitar 100 orang. Jumlah itu meningkat daripada dua tahun lalu yang hanya sekitar 15 orang.

Program kursus dibagi dua: reguler dan intensif. Biaya program reguler sekitar Rp 100.000-Rp 150.000 per pertemuan selama 1,5-2 jam. “Lama kursus reguler kami tidak menetapkan. Tergantung dari perkembangan dan ketertarikan peserta kursus,” katanya.

Adapun program intensif berlangsung selama 3-5 hari. Biaya program intensif tiga hari, misalnya, untuk mahasiswa mulai Rp 600.000 per orang dan untuk kalangan profesional mulai Rp 1,5 juta per orang.

Sumber: Harian Umum Kompas