«

»

Apr 15

Metro TV “Inovator” Robot Pengangkut Sampah

Bagaimana mengembangkan aplikasi robotika yang bermanfaat bagi masyarakat dan industri?

Pertanyaan ini menjadi basic dari program pembinaan dan pembelajaran robotika di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center Bandung.

Memang tidak mudah untuk mendorong pengembangan dan pembinaan ke arah tersebut, namun harus dilakukan, mengingat robotika menuntut keseriusan di dalam pembelajarannya, mengingat dampaknya yang besar bagi pembelajar. Bukan sekedar menjadikan mereka sebagai juara kontes atau lomba, namun yang lebih penting adalah membentuk karakter juara di dalam diri pembelajar.

Inovasi dan kreasi merupakan dua kata penting dalam pembelajaran robotika. Inovasi dan kreasi akan melahirkan karya-karya yang bersifat terobosan, serta mampu memanfaatkan material yang ada di sekitar.

Robot Pengangkut Sampah yang ditayangkan pada acara Inovator Metro TV, 13 April 2011, merupakan salah satu karya dari anak binaan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center. Dengan memanfaatkan sejumlah material yang biasa-biasa saja, yang umum di pasaran lokal, dan mengolahnya berdasarkan ide dan konsep yang ada; maka lahirlah sebuah karya robot.

Kami bangga karena karya ini adalah karya lokal dan bukan berasal dari produk robot impor yang dikemas ulang. Sesuai dengan misi yang diusung Padepokan Robot NEXT SYSTEM : keunggulan lokal untuk keunggulan dan kemandirian bangsa, kami ingin ber-inovasi dan berkreasi, untuk melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan mandiri.