«

»

Nov 06

Robotika Semakin Diminati

Cover_CHIP_11_2009_339x472CHIP 11/2009NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, lembaga pelatihan robotika yang berbasis di Bandung ini mulai berdiri pada tahun 2007 sebagai bagian dari Next System, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi.

Dalam kompetisi robot di ajang Indonesia ICT Award 2009, 28-29 Juli lalu, ada empat tim binaan Next System yang keluar sebagai juara dalam kategori Maze Solving Robot. Di tingkat SMA/SMK, tim Chibibot menjadi juara 1 dan tim Vini Vidi Vici sebagai juara 2. Sementara di tingkat SMP, tim Undefeated Lightning Bolt dan tim Night Stalker masing-masing menjadi juara 2 dan juara 3. Prestasi tim binaan Next System juga dibuktikan dalam South East Asia Robotic Olympiad (SEARO) 2009 yang digelar di Solo, 25-28 Juni lalu. Dalam kompetisi itu, mereka meraih medali perak.

Menurut Christianto Tjahyadi, managing director dan kepala tim riset Next System, semakin banyak kalangan masyarakat yang tertarik dengan robotika. Itulah yang melatarbelakangi pendirian NEXT SYSTEM Robotics Learning Center. “Kami melihat peningkatan animo masyarakat dari berbagai kalangan terhadap robotika. Keberadaan learning center ini menjadi upaya kami untuk menyebarkan pengetahuan robotika secara lebih luas,” paparnya.

Sebenarnya, banyak mata pelajaran di sekolah yang menjadi dasar ilmu dan teori robotika. Misalnya saja Matematika dan Fisika. Sayangnya, para guru di sekolah masih mengalami kendala dalam memberikan pengetahuan dasar robotika itu kepada para siswanya. “(Karena itu) lembaga ini didirikan sebagai wujud dari kepedulian kami terhadap dunia pendidikan. Kami ingin membantu sekolah dalam ‘membumikan’ atau mengaplikasikan teori-teori yang didapatkan oleh para siswa dari guru mereka di sekolah.”

Lembaga pendidikan ini menyasar target anak remaja dan dewasa. Dengan mempelajari dan menerapkan pelajaran di sekolahnya ke dalam robotika, para siswa juga bisa lebih memahami esensi pelajaran-pelajaran yang mereka dapat di sekolah. Selain dibekali pengetahuan teknis, peserta pelatihan di Next System juga diberikan program motivasi.

“Jadi, pelajarannya tidak hanya menyentuh aspek kognitif, namun juga aspek afektif dan psikomotor,” kata Christianto. Menurut pembina tim robotika SMP dan SMA Trimulia, Bandung ini, cukup banyak siswa yang di sekolahnya dinilai kurang pandai justru bisa menjadi juara dalam kompetisi robotika.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program pelatihan robotika yang diselenggarakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id