«

»

Apr 19

Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2011

Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest adalah kontes robot pemadam api tahunan yang digelar oleh Trinity College di Hartford, Connecticut, U.S.  Kontes ini merupakan rujukan yang digunakan oleh panitia nasional Kontes Robot Cerdas Indonesia selama ini.

Dalam kontes 2011, dimana Indonesia mengirimkan wakil dari ITB – kategori pemadam api berkaki dan UGM – kategori pemadam api beroda; keduanya meraih posisi pertama dan kedua untuk masing-masing kategori. Hasil lengkap dari kategori pemadam api dapat dilihat di sini – Fire Fighting Scores 2011.

Di tahun 2011 ini, panitia menggelar kategori baru – RoboWaiter. Satu-satunya tim dari Indonesia yang mengikutinya adalah tim robot dari Unikom Bandung, yang berhasil meraih posisi terbaik untuk kategori Entry Level dan Advanced. Hasil lengkap RoboWaiter dapat dilihat di sini – RoboWaiter 2011 Results.

Yang menarik adalah, lebih dari 50% tim peserta tidak mencapai finish. Mengapa bisa demikian? Padahal, rules dari kompetisi sudah di-publish 6 bulan sebelumnya dan kontes yang digelar di Trinity adalah kontes robot skala internasional. Sebuah fakta menarik yang perlu dijadikan bahan evaluasi 😉