«

»

Feb 02

Menjadi Juri dan Pengembang Soal Kompetisi Robot

3001_kompetisi_robot

Dalam perhelatan TRIMULIA Robotics Exhibition & Competition 2009 yang digelar Sekolah Kristen TRIMULIA di Bandung, 30-31 Januari 2009, saya dan rekan2 di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center diminta untuk menjadi juri dan mengembangkan soal untuk kompetisi.

Kami mengembangkan tiga soal untuk masing-masing untuk kategori: SD, SMP dan Open Competition, untuk babak penyisihan, semifinal dan final. Jadi, total ada 9 tantangan. Karena kompetisi ini diadakan oleh sekolah dan pesertanya pun adalah siswa/i dari dalam dan luar kota Bandung, maka target pembelajarannya harus jelas.

Untuk itu, kami membaginya menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah menguji dasar-dasar pergerakan robot, dan  dihadirkan pada babak penyisihan. Seluruh partisipan harus mengeluarkan kemampuannya untuk bisa menggerakkan robot beroda sesuai dengan arena dan arahan yang telah dibuat.

Pada tahap kedua, yang diuji adalah idealisme dan kesempurnaan, dimana seluruh titik ujian harus dilewati robot, tanpa terkecuali. Tantangan ini dihadirkan pada babak semifinal, dan memerlukan pengetahuan mengenai dasar-dasar pergerakan robot serta penggunaan sensor cahaya.

Pada tahap ketiga, yang diuji adalah strategi, dimana partisipan harus bisa menghitung resiko dari setiap gerakan dan arah yang dipilihnya. Tantangan ini dihadirkan pada babak final, dan memerlukan pengetahuan mengenai dasar-dasar pengerakan robot serta penggunaan sensor cahaya.

Kami berharap, seluruh peserta yang berhasil melewati ketiga babak tersebut, akan mendapatkan pengalaman yang berbeda 🙂

** Gambar di atas diambil dari Pikiran Rakyat Online, saat mereka melakukan peliputan di arena kompetisi.