«

»

Feb 26

Kompetisi Robot T-Rex 2010 Dibuat Lebih Sulit

Jakarta – Ingin meningkatkan kualitas dari para peserta, Trimulia Robotics Exhibition & Competition (T-REX) 2010 sengaja dibuat lebih sulit. Kombinasi lintasan zigzag, menikung tajam serta memutar menjadi tantangan tersendiri bagi 40 tim peserta kontes.

“Kita sengaja membuat soal yang lebih sulit ketimbang tahun sebelumnya. Biar kita ada perkembangan,” ujar Christianto Tjahyadi, Ketua Dewan Juri T-Rex 2010 saat berbincang dengan detikINET.

Gelaran yang menginjak tahun kedua ini dibagi menjadi 3 kategori yakni kategori junior 1, junior 2 serta senior.

Peserta dari kategori junior 1 adalah murid SD kelas 4-6. Junior 2 adalah siswa kelas 5 SD sampai dengan SMP kelas 9. Sedangkan untuk kategori senior yang bertanding adalah murid kelas 7 SMP sampai SMA kelas 12.

Untuk kompetisinya sendiri terdiri dari Maze Solving dan Line Following. “Tetap kita cari waktu yang tercepat,” katanya.

Yang menarik lagi dalam gelaran kali ini, robot yang digunakan dibawa sendiri oleh para peserta. Hanya untuk kategori junior 1, robot dan perlengkapan disediakan. “Ini juga demi memberikan pencerahan kepada peserta. Tidak satu jenis robot. Ada banyak jenisnya,” katanya.

Trimulia sendiri rutin menggelar kompetisi ini tiap tahun. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitas dari anak didiknya. Sebab menurut mereka, dengan kompetisi maka kemampuan anak-anak bisa diasah.

“Jadi bukan hanya praktek saja. Saat kompetisi inilah kita bisa melihat kemampuan si anak yang sebenarnya,” ungkap pria yang akrab dipanggil Christ ini.

Dalam kompetisi ini, peserta paling jauh datang dari Depok dan Bogor. “Kebanyakan masih dari Bandung dan sekitarnya,” tutupnya.?

Sumber: detik.com