«

»

Aug 30

Tantangan Sekolah di Abad Teknologi dan Informasi

Saat ini, banyak orang belum menyadari dan memahami bahwa perkembangan teknologi terkini dapat mendorong terjadinya percepatan dalam banyak hal, termasuk pembelajaran dalam ranah pendidikan.

Bila kita plot, kita akan melihat sebuah garis eksponensial. Artinya, sebuah penemuan akan men-trigger penemuan berikutnya dalam waktu yang lebih singkat.

Fakta yg terjadi saat ini adalah, sekolah sangat terlambat dalam mengantisipasi, karena cengkeraman yang bernama kurikulum. Akibatnya, lulusan sekolah tidak mampu berselancar di gelombang perubahan yang demikian dahsyat.

Banyak sekolah yang hanya fokus pada Ujian Nasional, sehingga melupakan proses asah asih dan asuh yang seharusnya menjadi prioritas. Mereka lupa untuk mempersiapkan masa depan anak.

Students today need to prepare for their future like they are preparing for the Olympics. The only problem is they won’t know what event they will compete in until they get there.

Jadi, perlu langkah antisipasi yang futuristik, sehingga pada saatnya, mereka bisa menjadi pemenang. Ini adalah pekerjaan yang tidak mudah, karena menuntut SDM yang mampu berpikir jauh ke depan. Ya, pekerjaan rumah untuk kita semua, mengingat generasi ke depan haruslah lebih baik.