«

»

Dec 13

Pemrograman GUI dengan Python

Secara usia, Bahasa Python yang lahir di akhir 1980, sudah cukup tua. Namun keberadaannya baru dirasa “menggigit” ketika ada kebutuhan untuk melakukan pemrograman secara cepat. Memang Python tidak dihadirkan untuk bersaing dengan bahasa pemrograman lain, namun lebih kepada memberikan alternatif dalam memrogram.

Python adalah sebuah interpreter, yang memberikan kemudahan kepada penggunanya ketika membutuhkan sebuah interaksi. Namun demikian, ketika menjalankan script program pertama kali, Python akan melakukan proses pembuatan byte code, sehingga saat menjalankan program kedua kali dan seterusnya, eksekusi program akan berlangsung lebih cepat.

Sejak kehadiran Raspberry Pi, yang mengusung Bahasa Python sebagai bahasa yang disarankan, popularitas Python semakin melesat. Juga dukungan Google dalam implementasi komputasi awan menggunakan rujukan Bahasa Python.

import time

while True:
  print "Hello World"
  time.sleep(2)

Harus diakui, satu kekurangan dari Python adalah minimnya dukungan terhadap pengembangan program berbasis GUI, khususnya ketersediaan IDE yang mendukungnya, yang memungkinkan kita untuk membuat tampilan program secara cepat.

Satu modul terkait dukungan terhadap GUI adalah modul Tkinter, yang secara de facto merupakan paket GUI standard dan sudah terpaket dalam instalasi Python.

Untuk mengujinya, kita dapat membuat sebuah program uji sederhana:

import Tkinter
Tkinter._test()

Bila pada layar tampil sebuah Window dengan sejumlah informasi di dalamnya, berarti modul Tkinter sudah bisa digunakan.

Berikut adalah sebuah contoh tampilan yang dibuat dengan memanfaatkan modul Tkinter:

Python Tkinter

Padepokan Robot NEXT SYSTEM Bandung menyelenggarakan kelas pemrograman GUI menggunakan Bahasa Python, khususnya di lingkungan Raspberry Pi. Silahkan menghubungi email info at nextsys.web.id atau nextsystem.robotics at gmail.com atau telepon (022) 4222062 untuk informasi lebih lanjut.