«

»

Sep 04

DC-DC Converter

Mengubah tegangan, tinggi ke rendah atau sebaliknya, memerlukan rangkaian yang tepat, agar daya dapat di-deliver dengan tingkat efisiensi setinggi mungkin.

Menurunkan tegangan dengan menggunakan IC regulator seperti 7805, sangat umum digunakan. Regulator ini memiliki kemampuan menangani arus hingga 1A, dengan Vin minimal sama dengan 7V, untuk menghasilkan output 5V. Dengan perhitungan sederhana, bila Vin = 9V, maka disipasi daya ~ 4 Watt, satu nilai yang cukup besar (panas).

Atau, menggunakan regulator linier tipe LDO, seperti 2940, yang juga memiliki kemampuan menangani arus hingga 1A, dengan Vin minimal sama dengan 5.5V, untuk menghasilkan output 5V.

Pilihan lain adalah regulator switching. Untuk kebutuhan mencatu motor servo atau rangkaian lain yang bekerja pada tingkat tegangan 5V – 6V, dapat menggunakan UBEC (dapat diperoleh di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center Bandung). UBEC – Universal Battery Elimination Circuit adalah rangkaian elektronik yang mengambil daya dari battery pack atau sumber DC lainnya, dan menurunkannya ke level tegangan 5V atau 6V. Tegangan input maksimum tergantung pada spesifikasi UBEC.

UBEC biasanya digunakan pada aplikasi yang memerlukan arus lebih tinggi, dan divais mampu men-deliver daya dengan efisiensi hingga 92%.

Ketika memilih UBEC, pastikan model UBEC yang dipilih memiliki rating arus yang sesuai dengan kebutuhan (beban).

Rangkaian lain yang juga sering dibutuhkan adalah DC-DC Booster. Sebagai contoh, satu produk DC-DC Booster (dapat diperoleh di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center Bandung), mampu menghasilkan output 3.7V – 34V dengan input 3.7V – 34V. Artinya, dengan tegangan input minimum 3.7V dapat dihasilkan output maksimum 34V, dengan arus input maksimum 3A, serta mampu men-deliver daya dengan tingkat efisiensi hingga 90%.

** Tegangan input tidak boleh lebih besar dari output yang dihasilkan.

Dalam banyak aplikasi, khususnya aplikasi robotik, seringkali dibutuhkan kombinasi keduanya, agar dapat menggunakan satu catu battery pack.

Berikut adalah contoh rangkaian catu dari satu produk robot, yang menggunakan satu battery pack untuk menghasilkan dua tegangan output, untuk motor (9V – VBOOST) dan rangkaian (5V – VCC):