«

»

Oct 30

Berikan Karya Nyata bagi Bangsa

Berikan Karya Nyata bagi Bangsa

Oleh: Ariez Riza Fauzy
Pokok dan tokoh – Selasa, 29 Oktober 2013 | 15:41 WIB
Christianto Tjahyadi
Christianto Tjahyadi – inilah.com/Ariez Riza Fauzy

INILAH.COM, Bandung – Menjadi seorang negarawan, tidak harus mengangkat senjata dan pergi berperang. Memberikan karya nyata bagi negara melalui keahlian yang dimiliki bisa dilakukan pada saat ini.

Setidaknya hal itu yang dilakukan Christianto Tjahyadi. Seorang praktisi robotik sekaligus pemilik Next System.

Melalui keahliannya dalam bidang robotik, Christianto pun ingin memberikan ‘sesuatu’ bagi negaranya, Indonesia. Dengan keahliannya tersebut, Christianto pun terjun dalam dunia pendidikan.

“Dunia pendidikan dan teknologi pada saat ini merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Melalui pendidikan, kita bisa menciptakan sebuah karya. Itu yang penting,” ungkap Christianto kepada INILAH.COM saat ditemui di SMP negeri 2 Kota Bandung, Senin (28/10/2013).

Pria keturunan Tionghoa bermarga Xie ini menyebutkan, proses penciptaan robot merupakan implementasi dari materi yang diterima siswa di kelas. Selain itu, lanjutnya, siswa pun dapat mengambil hal-hal positif dalam proses penciptaan robot tersebut.

“Seperti pembentukan karakter, cara berpikir, dan menyelesaikan masalah melalui pendekatan teknologi. Tapi ingat, kita tidak bisa menuntut mesin berpikir seperti manusia,” terangnya.

Dengan moto hidup ‘mengubah pasir jadi mutiara dan selangkah lebih maju’, Christianto yang merupakan lulusan Teknik Elektro mulai menekuni robotik sejak 2006. Hingga kini, dirinya telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Kota Bandung dalam hal robotik.

“Saya ingin terus mengembangkan prestasi di bidang robotik ini,” tegasnya.

Dirinya berharap, para pelajar maupun masyarakat terus memotivasi diri untuk sukses dan memberikan sesuatu kepada bangsa sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Dan tangan kreator-kreator muda bisa membawa perubahan bagi Indonesia. [hus]