«

»

Mar 27

Robot Line Maze Solving

Dari sekian banyak aplikasi robotik, mungkin Line Following adalah satu yang paling populer. Dalam aplikasi ini robot bergerak menyusur lintasan berbentuk garis lurus atau lengkung. Dalam kebanyakan lomba Line Following, peserta membawa robot yang sudah dirakitnya, lengkap dengan program di dalamnya. Ketika lomba dimulai, peserta menempatkan robot di lintasan kemudian menekan tombol start.

Sepintas tidak terlalu menantang karena semuanya bisa dipersiapkan di rumah dan hadir di arena pertandingan dengan segala sesuatunya sudah siap, tinggal menekan tombol start saja.

Untuk itu, di sejumlah event robotik yang mengedepankan kreativitas dan kualitas berpikir, ditambahkan sejumlah variasi dengan beragam tingkat kesulitan, seperti contoh lintasan Line Maze Solving berikut, yang pernah kami tampilkan di event robotik T-REX 2010 tingkat SMP / SMA di Bandung, untuk kategori Junior (SD/SMP):

Menghadapi tantangan lintasan demikian, yang baru dibuka ketika lomba dimulai, peserta tidak bisa mempersiapkannya dari rumah, karena arah pergerakan robot baru diberitahukan saat lomba dimulai. Seperti dalam contoh di atas, robot harus melewati area bertanda lingkaran.

Dari sisi perangkat keras robot yang digunakan, sama dengan aplikasi Line Following. Yang berbeda adalah kecerdasan yang kita programkan ke dalam robot. Dalam aplikasi Maze Solving, robot tidak hanya mampu bergerak mengikuti garis, namun harus mampu berbelok dengan baik ketika menemukan persimpangan. Contoh lintasan di atas masih sederhana, karena tidak mengandung lintasan bersudut lancip, lintasan berupa garis putus, lintasan berupa garis putih di atas bidang hitam dan juga sejumlah lintasan dengan lebar jalur yang beragam, plus bidang miring.

Robot Edukasi AVR dengan perlengkapan Sensor Garis

Tidak ada teori khusus atau solusi baku untuk memecahkan Line Maze Solving, karena alur yang harus dilalui robot sangat variatif. Namun, bila peserta memahami teknik pergerakan robot, cara kerja sensor garis, pertimbangan dinamika dan kinematika, maka tantangan ini dapat ditaklukkan dengan mudah. Hanya saja, perlu jam terbang yang cukup untuk mencapai semuanya itu.

Untuk pembelajaran yang lebih cepat dan efektif, dapat disarankan untuk mengikuti kelas Pemrograman Robot pada Aplikasi Line Following dan Maze Solving yang diselenggarakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Berikut adalah sejumlah kelas yang dimaksud:

  • Pemrograman Robot dalam Aplikasi Line Following dan Maze Solving dengan Bahasa BASIC
  • Pemrograman Robot dalam Aplikasi Line Following dan Maze Solving dengan Bahasa C
  • Pemrograman Arduino dalam Aplikasi Line Following dan Maze Solving

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Robot Line Following / Maze Solving dan pelatihan Line Following dan Maze Solving Robot, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id