«

»

Sep 12

Kelemahan Sensor Ultrasonik Lego Mindstorms NXT

Sensor ultrasonik memanfaatkan gelombang ultrasonik sebagai alat navigasi seperti halnya pada kelelawar atau kapal selam. Pada Lego Mindstorms NXT, sensor ultrasonik merupakan sensor utama untuk navigasi dan menghindari penghalang.

Bagian pemancar akan memancarkan gelombang ultrasonik dan pantulannya akan diterima oleh bagian penerima. Selisih waktu tersebut akan dihitung dan diperoleh jarak benda yang ada di depan sensor.

Karena sifat gelombang yang menyebar ke segala arah, maka gelombang ultrasonik yang dipantulkan tidak terbatas pada satu arah saja. Dari percobaan yang dilakukan, deviasi penyebaran gelombang antara -30° hingga 30°.

Sensor ultrasonik yang diusung LEGO Mindstorms NXT tidak bisa membaca atau memperkirakan jarak yang lebih kecil dari 3 cm. Berdasarkan penelitian, ada dua kelemahan utama dari sensor ultrasonik LEGO Mindstorms NXT, yaitu:

  1. Untuk jarak yang lebih besar dari 255 cm akan terjadi kekacauan perhitungan karena sudah di luar rentang nilai yang dikenali.
  2. Untuk benda yang berada pada jarak antara 25 cm – 50 cm, sensor mempunyai probabilitas yang besar untuk membaca jarak tersebut sebesar 48 cm.

Diterjemahkan bebas dari http://www.tik.ee.ethz.ch/tik/education/lectures/PPS/mindstorms/sa_nxt/index.php?page=tests_us