«

»

Aug 17

Workshop: Pemrograman Praktis Mikrokontroler PIC untuk Aplikasi Robot

Pada hari Selasa dan Rabu, 19-20 Agustus 2008, saya dan DR. Riza Muhida, asisten profesor bidang Mekatronika di International University Malaysia, memberikan workshop setengah hari kepada 34 orang guru dan siswa dari SMPK/SMAK TRIMULIA dan SMP BIntang Mulia Bandung. Ini merupakan kegiatan workshop mikrokontroler dan robotika pertama untuk kalangan sekolah menengah, khususnya di kota Bandung.

Dengan menggunakan mikrokontroler PIC dan Bahasa C, serta pemrograman mikrokontroler melalui port serial komputer; para guru dan siswa diajak untuk menyelami aplikasi praktis, bagaimana memprogram mikrokontroler, membuat aplikasi sistem lalu lintas, sistem keamanan, membaca data dari sensor, dan lain-lain; serta bagaimana mengendalikan motor, yang nantinya akan digunakan dalam aplikasi robot.

Saat ini, mikrokontroler dan Bahasa C bukan lagi konsumsi para mahasiswa di perguruan tinggi. Dengan pola pembelajaran yang mengedepankan kepraktisan dan kemudahan, serta dukungan dari teknologi terkini, para siswa sekolah menengah pun dapat menikmatinya. Riding the wave dan Don’t Reinventing the Wheel.