«

»

Dec 21

Software Arduino dan Perubahan yang Diusungnya

Saat tulisan ini di-publish, software Arduino sudah “menginjak” versi 0021, yang dapat di-download di sini. Ada perbedaan yang diusung sejak versi 0019, yakni penyimpanan file hasil kompilasi, juga splash logo yang digunakan 🙂

Bila pada versi sebelumnya, hasil kompilasi disimpan pada sub folder applet pada masing-masing folder sketch (folder penyimpanan program yang kita save); maka mulai versi 0019, pengembang software menyimpannya pada folder temporer, yang kemudian akan dihapus ketika program selesai (exit).

Bagi pengguna yang tidak menggunakan teknik bootloader, alias tidak menggunakan hardware Arduino, mungkin agak sedikit kerepotan mencari file .hex hasil kompilasi, yang akan di-upload ke dalam chip mikrokontroler menggunakan hardware programmer. Kita harus menekan Shift + Verify dan mencatat folder tempat menyimpan file yang dimaksud.

Bila pada versi 0017, software Arduino hasil oprekan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, bisa menggunakan hardware programmer (USB ISP) untuk menyuntikkan file hasil kompilasi – dengan menekan tombol Upload pada program, maka pada versi terakhir pun, harusnya bisa, mengingat pola / langkah pemrograman yang digunakan oleh pengembang sebenarnya tidak berubah.

Opsi menggunakan hardware programmer dipilih untuk memberikan ruang program yang lebih besar (ruang program maksimum). Dengan menggunakan bootloader, ruang program akan berkurang sekitar 2 KB. Dari update terakhir diberitakan, pengembang menggunakan bootloader dari pihak ketiga yang juga free, yang ukurannya hanya 1 KB.

Saat ini tengah dilakukan uji kompatibilitas untuk seluruh fungsi dasar yang diusung software versi 0021, khususnya untuk mikrokontroler ATmega8535, ATmega16, ATmega32 dan ATmega128; yang selama ini menjadi teman bermain anak-anak di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center 🙂

Dari beberapa uji yang dilakukan, ada satu yang mencolok, yakni waktu upload sedikit lebih lama dibanding versi 0017.

Bagi mereka yang ingin belajar arduino, khususnya dalam aplikasi otomasi, robotik dan physical computing, bisa mengikutinya di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.