«

»

Jul 05

Robot-robot Pertanian Karya Mahasiswa Mejeng di Bandung

Avitia Nurmatari – detikfinance

Selasa, 02/07/2013 15:23 WIB

Robot Penyiram Tanaman

Bandung – Teknologi robot bisa memudahkan dan memberi manfaat lebih bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan teknologi robot juga bisa diterapkan di sektor pertanian.

Pengembangan teknologi robot tersebut dipamerkan dalam rangkaian acara International Conference on Biodiversity Climate Change and Food Security di Grand Hotel Panghegar, Jalan Merdeka, Selasa (2/7/2013).

Pada stand pameran bertajuk ‘Robot for Agriculture’ tersebut dipamerkan sejumlah karya robot seperti alat penyemai benih, robot pemberi pupuk, robot penyiram tanaman, hingga pesawat pemantau lahan persawahan.

Menurut Managing Director dari Next System, Christianto Tjahyadi mengatakan, ide awal pengembangan robot for agriculture ini tujuannya untuk mengaplikasikan teknologi sebagai salah satu solusi memecahkan masalah pertanian. Diharapkan dengan menggunakan teknologi robot, bisa mengefisiensi kegiatan industri pertanian dan meningkatkan ketahanan pangan.

“Departemen pertanian ingin memiliki suatu solusi teknologi untuk pertanian. Kami sebagai mitra teknis turut membantu untuk menyeleksi dan memantau tim yang ikut bergabung dalam eksibisi ini,” kata Christ selaku mitra teknis Departemen Pertanian dalam pengembangan robot for agriculture.

Pameran robot ini diikuti oleh empat kampus yakni Maranatha, STIMIK Bandung, Unikom, ITB, dan satu komunitas robot yakni Padepokan Robot Bandung. Setiap tim memiliki konsep robot sendiri namuan harus memiliki manfaat yang nyata untuk diimplementasikan pada industri pertanian.

“Karena konsep robotik itu walaupun sederhana tapi berguna. Jadi ide nggak harus muluk tapi bisa diimplementasikan,” ujarnya.

Gagasan-gagasan dari peserta tersebut, lanjut Christ memang baru sebatas model awal dan belum dibuat seperti nyata karena keterbatasan waktu.

“Ke depan diharapkan ada tindak lanjut yang benar-benar bisa dirasakan manfaatnya. Biasanya kan selama ini terbentur dana, tapi melihat situasi ini semoga Deptan menyediakan pos tersendiri untuk pengembangan robot for agriculture ini,” tutupnya.

(avi/hen)

Sumber: http://finance.detik.com/read/2013/07/02/152333/2290321/1036/robot-robot-pertanian-karya-mahasiswa-mejeng-di-bandung