«

»

Sep 22

Protokol Modbus

Modbus adalah protokol komunikasi serial yang dikembangkan oleh Modicon, dipublikasikan oleh Modicon tahun 1979, untuk penggunaan dengan produk PLC mereka. Secara sederhana, protokol ini digunakan untuk mengirimkan informasi melalui jalur serial antar divais elektronik. Divais yang meminta informasi disebut Modbus Master, dan divais yang memberikan informasi disebut Modbus Salve. Dalam sebuah jaringan Modbus standard, terdapat satu buah Master dan hingga 247 Slave, masing-masing dengan Slave Address yang unik, dari 1 -0 247. Master dapat juga menulis informasi kepada Slave.

Modbus adalah sebuah protokol terbuka, yang artinya, pabrikan dapat menggunakannya dalam peralatan yang dikembangkannya tanpa kewajiban membayar royalti. Modbus telah menjadi sebuah protokol komunikasi standard di industri.

Secara tipikal Modbus digunakan untuk mengirim sinyal dari divais instrumentasi dan kontrol, kembali ke pengendali utama atau sistem pengumpul data; sebagai contoh sebuah sistem yang mengukur temperatur dan kelembaban, dan meng-komunikasikan hasilnya ke sebuah komputer. Modbus sering digunakan untuk menghubungkan supervisory computer dengan sebuah RTU – remote terminal unit dalam sistem SCADA. Versi protokol Modbus eksis tersedia untuk jalur serial (Modbus RTU dan Modbus ASCII) dan untuk Ethernet (Modbus TCP).

** to be continued