Menulis Sketch Arduino dengan ISP Programmer

Arduino merupakan sebuah platform yang terdiri dari sebuah chip mikrokontroler AVR (ATmega8, ATmega168 dan ATmega328) yang dilengkapi dengan sebuah IDE – Integrated Development Environment untuk memprogramnya. Bahasa yang digunakan mirip dengan C/C++ (Arduino Programming Language).

Sebelum di-kompilasi, sintaksis program akan disesuaikan menjadi sintaksis C/C++ standard, untuk kemudian di-kompilasi dengan AVR-GCC.

Board Arduino umumnya dilengkapi dengan bootloader (tujuan sejak semula memang demikian), sehingga pemrogramannya tidak memerlukan bantuan hardware programmer.

Bila kita memiliki ISP programmer seperti AVR-ISP, STK500 atau Parallel Programmer, kita dapat menulis sketch ke board Arduino tanpa menggunakan bootloader. Dengan cara demikian, kita dapat menggunakan ruang untuk program secara penuh. Sebagai contoh, ATmega168 memiliki ruang untuk program 16 KB (14 KB bila dengan bootloader). Cara ini pun menghindari bootloader delay ketika board dinyalakan atau di-reset.

Untuk menggunakan programmer eksternal, perlu dilakukan sedikit perubahan pada file preferences.txt. Pastikan file ini diubah ketika IDE Arduino tidak aktif.

File ini dapat ditemukan dalam folder:

    * /Users/