«

»

Jun 25

Menggunakan USB ISP Programmer

Saat ini, tidak sulit untuk menemukan USB ISP Programmer untuk mikrokontroler AVR atau PIC. Sejumlah USB ISP Programmer, seperti K128 / K182 untuk PIC dan K85 / K125 / Nue-125, dapat diperoleh di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Dari sisi software programmer, pun ada sejumlah pilihan yang bisa digunakan. Mulai dari software programmer yang built-in dalam AVR Studio, CodeVision, dsb., maupun software programmer lepasan seperti PonyProg, AVROSP, AVRProg, dan yang lainnya.

Namun, untuk USB ISP Programmer, saya mencatat, ada perbedaan kecepatan pemrograman di antara software-software tersebut di atas, dan sangat terasa ketika harus memprogram chip dengan ukuran flash yang cukup besar.

Dari sekian banyak pilihan software programmer, kelihatannya saya harus menjatuhkan pilihan pada AVRProg. Kecepatan pemrogramannya cukup mengagumkan. Sementara software lain masih melakukan proses erasing, AVRProg sudah menyelesaikan tahap verifikasi 🙂

Sekedar pembanding saja, dengan hardware programmer yang sama, untuk memprogram flash 32k pada ATmega32, built-in software programmer dari CodeVision AVR perlu waktu lebih lama dibanding AVRProg.

Hmm .. perbedaan waktunya sangat signifikan, yah. Dan kelihatannya, tidak ada setting ekstra yang dapat dilakukan di CodeVision AVR agar bisa melakukan flashing dengan lebih cepat. So, gunakan AVRProg dulu, deh.