«

»

Sep 28

Menggunakan Perintah RCTIME pada PBASIC

Dalam PBASIC, perintah RCTIME dapat digunakan untuk mengukur waktu charge dan discharge dari sebuah rangkaian resistor/kapasitor. Untuk mengukur resistansi dan kapasitansi, gunakan sensor resistif atau kapasitif seperti thermistor atau sensor kelembaban kapasitif atau potensiometer. Dalam penginderaan yang lebih luas, RCTIME dapat berfungsi sebagai stopwatch yang presisi untuk kejadian yang berdurasi sangat pendek.

Ketika RCTIME di-eksekusi, perintah ini akan memulai sebuah counter (menghitung jumlah unit waktu). Counter ini akan segera berhenti setelah pin yang ditentukan tidak lagi dalam kondisi 0 atau 1 (tergantung pada definisi yang diberikan). Gambar di bawah menunjukkan rangkaian RC yang cocok untuk digunakan dengan perintah RCTIME. Rangkaian A disarankan, karena ambang logika BASIC Stamp adalah sekitar 1.4 Volt. Ini berarti bahwa tegangan yang diamati pada pin akan dimulai pada 5V, kemudian turun hingga 1.4V (span 3.6V) sebelum RCTIME berhenti. Dengan rangkaian B, tegangan akan mulai pada 0V kemudian naik hingga 1.4V (span 1.4V) sebelum RCTIME berhenti.

Sebelum RCTIME di-eksekusi, kapasitor harus ditempatkan pada keadaan yang ditentukan dalam perintah RCTIME. Sebagai contoh, untuk rangkaian A, kapasitor harus di-charge hingga penuh (5V) terlebih dahulu.

Berikut adalah urutan instruksi tipikal untuk rangkaian A (asumsi menggunakan pin 7)”

[sourcecode language=’css’]
result VAR Word
HIGH 7
PAUSE 1
RCTIME 7, 1, result
DEBUG DEC ? result
END
[/sourcecode]

Pada BASIC Stamp 2, unit waktu adalah 2 µs, sementara pada BASIC Stamp 2p, unit waktu adalah 0.75 µs.