«

»

Jul 30

Memrogram ARM Cortex M0 Nuvoton NUC100xx

Nama Nuvoton, belakangan ini tengah naik daun. Pabrikan silikon dari Taiwan ini, dulu beken dgn nama Winbond. Saat ini mereka tengah berupaya untuk memperbesar market bagi produk mereka, khususnya mikrokontroler ber-arsitektur ARM Cortex-M0 dan ARM Cortex-M4.

Satu keluarga Cortex-M0 dari Nuvoton yang cukup populer di Indonesia, adalah NUC100xx. Yang tampak dalam gambar adalah satu contoh development board berbasis Nuvoton NUC120xx. Varian lain adalah NUC140xx, yang dapat diprogram dengan cara yang sama.

Satu tantangan dalam “bermain” mikrokontroler, khususnya dari keluarga ARM Cortex-M, adalah tahapan memrogram. Walaupun ada kesamaan dalam hal core, menyusun program untuk Nuvoton NUC120xx berbeda dengan program untuk STM32 dari STMicroelectronics.

Para vendor silikon berusaha keras agar produk yang mereka buat, bisa diprogram dengan mudah. Untuk itu, masing-masing vendor me-release software driver atau standard peripheral library, yang menjembatani developer dengan hardware. Begitu pun Nuvoton. Mereka mengembangkan standard peripheral library agar kita bisa menyusun program dengan “lebih mudah”.

Dengan sejumlah terobosan yang dibuat, maka, learning curve memrogram mikrokontroler bisa lebih singkat.

Blink LED NUC120xx

Gambar di atas adalah sebuah aplikasi blink LED dengan pengaturan blink rate melalui putaran potensiometer. Menggunakan development board berbasis NUC120RD2BN (64k APROM, 8k SRAM, 4k Data Flash).

Nuvoton NUC1xx

Padepokan NEXT SYSTEM Bandung, mendukung varian mikrokontroler Cortex-M0 dari Nuvoton, dengan menyelenggarakan kelas pelatihan intensif :

  • Pemrograman dan Aplikasi Mikrokontroler ARM Cortex-M (3 Hari)
  • Pemrograman Mikrokontroler ARM Cortex-M dan Aplikasi Real Time OS (5 Hari)

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi NEXT SYSTEM – (022) 4222062, email: info at nextsys.web.id.