«

»

Aug 17

Memrogram Mikrokontroler PIC dengan BASIC

Pada saat kemunculan komputer pribadi di era 1980an, bahasa BASIC cukup populer. Saat ini, BASIC masih diperhitungkan sebagai bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan, tidak terkecuali di dalam dunia mikrokontroler. BASIC memungkinkan pengembangan aplikasi lebih cepat dibanding bahasa assembly. Ketika menulis kode untuk mikrokontroler, programmer sering kali berhadapan dengan isu yang sama, seperti komunikasi serial, menampilkan informasi pada tampilan LCD, membangkitkan sinyal PWM, dan yang lainnya. Untuk maksud mem-fasilitasi pemrograman, BASIC menyediakan sejumlah rutin dan pustaka untuk memecahkan masalah ini.

Dalam konteks ukuran program dan kecepatan eksekusi, assembly memiliki sedikit keunggulan dibanding BASIC. Namun, kita bisa menyisipkan kode assembly di dalam BASIC, untuk menangani bagian dimana waktu eksekusi merupakan hal yang kritis.

Mikrokontroler modern seperti PIC, meng-eksekusi instruksi dalam satu siklus. Jika clock mikrokontroler adalah 4MHz, maka satu instruksi assembly memerlukan 250ns x 4 = 1us. Secara teknis, satu perintah BASIC terdiri dari sejumlah instruksi assembly. Waktu eksekusi untuk setiap perintah merupakan jumlah dari waktu eksekusi dari sejumlah instruksi assembly yang mewakilinya.

Saat ini, pilihan terbaik untuk pengembangan aplikasi dengan BASIC adalah PIC16F84, PIC16F87x, PIC16F62x, PIC18Fxxx. Kontroler ini memiliki program memory dengan teknologi flash, yang dapat dihapus dan diprogram ulang secara cepat, sehingga memungkinkan debugging secara cepat pula. Dengan satu kali klik mouse di dalam programming software, program mikrokontroler dapat secara instan dihapus kemudian di-reload tanpa harus mencabut chip dari alat. Program yang telah di-load ke dalam memori flash dapat tersimpan walaupun catu daya dimatikan. Disamping memori flash, mikrokontroler seri PIC16F87x dan PIC16F84 memiliki 64-256 byte memori EEPROM internal, yang dapat digunakan untuk menyimpan data program dan parameter lain ketika catu daya dimatikan. Instruksi BASIC, EEPROM_Read dan EEPROM_Write, dapat digunakan untuk keperluan ini.

Berikut adalah program LED berkedip yang dibuat dengan mikroBASIC untuk mikrokontroler PIC.

program LED_Blink
main:
 TRISB = 0         ' Configure pins of PORTB as output
eloop:
 PORTB = $FF       ' Turn on diodes on PORTB
 Delay_ms(1000)    ' Wait 1 second
 PORTB = 0         ' Turn off diodes on PORTB
 Delay_ms(1000)    ' Wait 1 second
 goto eloop            ' Stay in loop
end.