«

»

Mar 01

Membidani Lahirnya Robot Edukasi

Akhirnya, Robot Edukasi, sebuah perangkat robot untuk pembelajaran robotik, berhasil di-release. Setelah beberapa kali mengalami perubahan rancangan dan adanya masalah dalam beberapa pengujian, akhirnya, di awal Februari 2009, Robot Edukasi dan Robot Controller yang menyertainya, mulai dipasarkan.

Sebagai pendatang baru, kedua produk yang menggunakan mikrokontroler AVR dan PIC ini, langsung mendapat sambutan dari peminat mikrokontroler dan robotik di negeri ini. Sebuah animo awal yang cukup baik dan menggembirakan 🙂

Robot Edukasi merupakan perangkat pembelajaran yang sejak semula memang dirancang untuk kebutuhan pembelajaran robotik di sekolah. Maka dari itu, banyak aspek pembelajaran yang harus dipikirkan, sehingga penggunanya bisa mengembangkan dan menikmati sekian banyak aplikasi robotik dengan hanya satu set Robot Edukasi. Pemrogramannya dapat dilakukan dengan mudah, melalui piranti programmer dengan antarmuka USB. Sehingga pengguna laptop terkini yang sudah tidak memiliki port serial maupun paralel, bisa digunakan untuk memprogram.

Yang paling menarik dari aplikasi yang disediakan adalah Line Following Robot (LFR). Aplikasi ini cukup seru mengingat banyak sekali variasi track yang bisa dijadikan tantangan.

Dalam update terakhir, Robot Edukasi sudah dilengkapi dengan modul Infrared Modulated, yang memungkinkan Robot Edukasi untuk dikendalikan dengan remote control televisi.

Saat ini, versi berikutnya dari Robot Edukasi, tengah memasuki masa pematangan cetak biru. Diharapkan, di tahun ini juga, Robot Edukasi versi kedua bisa lahir, dan menambah semarak dunia pembelajaran robotik di tanah air tercinta ini 🙂