«

»

Jul 12

Kompetisi Robot Tak Diikuti Pengembangan Inovasi Terapan

Kamis, 11 Jul 2013 19:30:05 | Iptek

 

Antarajawabarat.com, 11/7 – Kompetisi robot yang digelar di Indonesia masih belum banyak yang berbasis inovasi terapan yang diproduksi massal di dalam mendukung aktivitas masyarakat.”Persoalannya robot juara, karya nyatanya di industri itu putus. Karena konteksnya adalah hanya robot kompetisi,” kata Direktur Utama Next System Christianto Tjahjadi di Bandung, Kamis.Belum lama ini pameran robot International Conference on Biodiversity Climate Change and Food Security digelar di Bandung, namun menurut dia lomba robot berbasis inovasi masih jarang diselenggarakan.

“Sayangnya, di Indonesia yang namanya lomba robot sangat jarang yang berbasis inovasi terapan,” katanya.

Ia sangat menyayangkan robot yang ikut kompetisi tidak lantas berkembang untuk terus diproduksi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain membuat berbagai karya robot, Next System juga memberikan efek positif bagi para peserta yang tergabung di dalamnya.

“Dampak positifnya banyak, logika berpikir jelas, kreatifitas juga tumbuh, lalu karena bentuknya komunitas, maka ada simpati dan empati,” katanya.

Christianto menunjukkan bahwa dengan berkreasi di bidang robotika misalnya dapat memberikan prestasi nyata bagi siapapun yang menekuninya.

Padepokan robot yang berlokasi di Bandung tersebut tidak hanya menghasilkan robot-robot yang menarik, tetapi juga membangun SDM yang berkualitas.

“Sekarang kami lebih fokus ke bagaimana mereka bisa berkreasi, berinovasi, lalu bisa membangun diri,” kata Christianto menambahkan.***3***

Rizki Pratama

Sumber: ANTARA Jawa Barat News