«

»

Mar 01

Jurusan Sosial Belajar Robot? Siapa Takut!

Pertanyaan di atas sempat muncul di benak, ketika sejumlah mahasiswa jurusan sosial mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam kelas pelatihan mikrokontroler dan robotika yang saya pimpin. Namun, sebagai seorang trainer profesional, saya commit untuk membuat wajah mereka berseri, ketika usai mengikuti kelas. Komitmen ini selalu ada, siapa pun dan dari latar belakang apa pun mereka. Selama mereka memiliki semangat yang tinggi untuk belajar, akan ada pencapaian prestasi yang luar biasa!

Hari pertama, memang agak sedikit tersendat. Namun, dengan sedikit injeksi motivasi dan titik berat pada aspek praktis yang realistis, akhirnya, blok psikologis dari peserta, perlahan namun pasti, terkikis.

Saya bersyukur karena semangat puncak terjadi di hari terakhir, ketika masuk dalam topik aplikasi robotika. Program yang dikembangkan, sehingga membuat robot menjadi “cerdas”, ternyata mampu mengalahkan kelelahan, setelah belasan jam berada di camp yang sarat dengan hal-hal yang bersifat teknis, yang notabene berbeda 180° dengan latar belakang mereka.

Tampak wajah-wajah berseri ketika Robot Line Follower yang mereka kembangkan, bisa mengikuti garis dengan mulus. Harus diakui, aplikasi robot line follower memang menarik untuk dipelajari dan dikembangkan. Dengan algoritma yang cukup sederhana, robot bisa berselancar di atas garis, dan memberikan pengalaman baru bagi para peserta 🙂

So, jurusan sosial belajar robot? Siapa takut!

Yuk, belajar robot!