«

»

Feb 21

Perangkat Keras Arduino

Dalam tulisan terdahulu dijelaskan perjalanan lahirnya produk Arduino, yang merupakan paket hardware berbasis mikrokontroler AVR dan sebuah IDE – Integrated Development Environment, yang menggunakan sintaksis Bahasa C sebagai referensi.

Dalam perkembangannya, pengembang sudah me-release sejumlah disain hardware. Dari sisi koneksi dengan komputer dan teknologi PCB serta komponen yang digunakan, dapat dibagi menjadi beberapa generasi.

Generasi pertama, hardware Arduino yang menggunakan koneksi serial RS232 dengan PCB single side dan komponen biasa. Arduino Severino adalah satu disain Arduino yang masuk dalam kelompok ini.

Generasi kedua, hardware Arduino yang menggunakan koneksi serial RS232 dengan PCB double side serta komponen biasa. Arduino Serial adalah satu disain Arduino yang masuk dalam kelompok ini.

Generasi ketiga, hardware Arduino yang menggunakan koneksi USB dengan PCB double side serta komponen SMD. Arduino Extreme, Arduino NG (Nuova Generazione), Arduino Diecimila, Arduino Duemilenove dan terakhir Arduino Uno, masuk dalam generasi ini.

Dari sisi mikrokontroler AVR yang digunakan, Arduino menggunakan AVR ATmega8 / ATmega168 / ATmega328, sementara Arduino Mega menggunakan AVR ATmega1280 / ATmega2560.

Bagaimana dengan mikrokontroler ATmega8535/16/32 yang notabene banyak digunakan di Indonesia, apakah bisa diprogram dengan software Arduino?

Saya bersama dengan tim riset di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center memilih dan menempuh langkah ini, menyesuaikan software Arduino agar dapat digunakan untuk memrogram mikrokontroler AVR ATmega8535 / ATmega16 / ATmega32. Kami menempuh langkah ini, karena selain ingin menghemat devisa, juga mempertimbangkan aspek maintenance dan penanganan kerusakan.

Kedua, ATmega8535 / ATmega16 / ATmega32 relatif mudah diperoleh di pasaran lokal serta memiliki jumlah pin input output lebih banyak dibanding ATmega8 / ATmega168 / ATmega328.

MikroAVR16 adalah salah satu board sistem minimum AVR ATmega16 yang sudah lolos dan lulus ujicoba software Arduino.

Untuk konsultasi seputar hardware dan software Arduino serta partisipasi dalam kelas pelatihan mikrokontroler dan robotik terkait, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning and Experience Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id