«

»

Dec 11

Buku Pemrograman Android dan Aplikasi Mikrokontroler

Di tengah meningkatnya popularitas sistem operasi Android dan penggunaan piranti bergerak – mobile phone dan table, berbasis Android, maka diperlukan referensi yang tepat untuk mempelajarinya, khususnya dalam konteks aplikasi mikrokontroler.

Buku Pemrograman Android dan Aplikasi MikrokontrolerBuku Pemrograman Android dan Aplikasi Mikrokontroler ini masih berupa draft dan dalam tahapan survey, untuk melihat seberapa tinggi animo publik terhadap buku dengan content demikian.

Buku ini tidak melulu bicara soal teori, namun teori dituliskan sebagai pelengkap. Buku ini bercerita tentang konsep dan aplikasi, pendekatan dan pola pemrograman serta sejumlah aplikasi yang melibatkan mikrokontroler dan divasi berbasis Android.

Di awali dengan penjelasan singkat mengenai Android dan konsep yang diusungnya. Dengan demikian, pola pikir kita dan aplikasi yang kita buat, akan sejalan dengan apa yang menjadi pemikiran para pengembang Android. Juga dibahas mengenai pembuatan program visual di lingkungan Android.

Berlanjut dengan fitur-fitur yang diusung, yang melibatkan fasilitas yang ditanam dalam piranti, misalnya touch screen, sensor dan kamera. Bagaimana menggunakan dan memanfaatkan informasi yang diberikan sensor? Bagaimana membuat aplikasi terkait dengannya? Bagaimana ber-interaksi melalui touch screen? Itu semua menjadi pembahasan dalam bab terkait.

Bab terakhir membahas aplikasi kolaboratif dengan mikrokontroler, dengan menggunakan bluetooth sebagai media komunikasi keduanya.