«

»

Jan 17

Buku Membuat Robot Green Bird

Buku ini ditulis oleh Christianto Tjahyadi dan Michelle Emmanuella Tjahyadi, keduanya dari Padepokan Robot NEXT SYSTEM Bandung, untuk mengisi satu segmen pembelajaran robotik. Mengangkat kisah seorang anak remaja putri yang curious dalam meng-eksplorasi bidang robotik, di bawah bimbingan seorang guru yang ber-dedikasi dan berpengalaman.

Penulis mencoba menyampaikan pesan pembelajaran melalui cara lain, cara yang berbeda, cara yang lebih “ramah” dan santai; dengan harapan, dapat di-konsumsi oleh kalangan yang lebih luas.

Buku Membuat Robot Green Bird

Isi Buku

Buku yang memang ditargetkan untuk dikonsumsi oleh semua kalangan ini, terdiri dari 4 tema:

  • Say Hello to Microcontroller!

Berkisah tentang seorang remaja putri yang curious, Lucy, yang mendapat semangat dan inspirasi dari seorang guru ber-dedikasi, Pak Wijaya. Beliau yang memperkenalkan mikrokontroler kepada Lucy, dan membuatnya penasaran untuk terus mengoprek. Hasil oprekannya tidak selalu berhasil, sebagaimana seorang pemula. Namun seiring dengan perjalanan waktu, pengalaman pun berbicara. Lucy lebih apik dan teliti dalam menyusun program, sehingga bisa berteriak, “Eureka!”

  • Brumm .. Brumm … Ready for Magic Wheels!

Mainan yang dapat bergerak selalu menarik perhatian, apalagi pergerakannya dikendalikan dengan piranti cerdas yang dapat diprogram. Dengan demikian, setiap langkah pergerakan dapat diatur dan disusun sesuai dgn skenario yang kita buat. Lucy semakin antusias ketika masuk dalam konteks ini. Pikirannya pun melayang, memimpikan banyak hal untuk diwujudkan. Ungkapan kegembiraan pun kerap ditunjukkan, sebagaimana seorang remaja yang energik dan curios.

  • Hmm .. Sensing Something …

Untuk membuat perangkat cerdas, perlu sejumlah piranti pengindera, sehingga unit pemroses informasi, dapat memerintahkan sebuah aksi sesuai dengan masukan yang diterimanya. Pak Wijaya dengan sabar mengarahkan bagaimana sistem bisa merespon apa yang terjadi di sekitarnya. Mungkin materi ini agak berat untuk Lucy, namun dengan berbagai analogi dan contoh yang diberikan, akhirnya, Lucy pun bisa mengalahkan ketidaktahuannya. Pikirannya pun semakin melayang jauh, mencoba menggapai impian membuat sebuah Robot Green Bird!

  • Green Bird … Go! Go! Go!!

Akhirnya, bak pendaki gunung yang mencapai puncak, Lucy pun tak bisa menahan diri untuk meluapkan rasa gembiranya, ketika Robot Green Bird yang dibuatnya, me-respons setiap perintah yang diberikannya, baik melalui piranti remote control, maupun melalui program secara langsung. Lucy pun menyadari bahwa pencapaiannya adalah buah dari ketekunan dan semangat, serta motivasi dan inspirasi yang diberikan oleh Pak Wijaya, guru favorit-nya. Siapa pun bisa mencapai “puncak gunung” tersebut, karena setiap kita memiliki talenta dan potensi.

Selamat menikmati petualangan Lucy dan mendapatkan inspirasi darinya, dengan membaca tuntas buku Membuat Robot Green Bird.

Dari Penerbit

Kesan membuat robot itu sulit dan mahal memang masih ada dipikiran sebagai masyarakat. Uniknya, minat masyarakat menekuni robot pun terus tumbuh. Berbagai kontes dan perlombaan bermunculan, bak jamur di musim hujan.

Pesertanya pun dituntut untuk menciptakan robot dengan desain yang unik dan menarik.Agar mudah dipahami, buku ini disajikan dalam bentuk cerita yang menggabungkan unsur fiksi dan teknis, dengan Lucy dan Pak Wijaya sebagai tokoh utamanya.

Dimulai dari pengenalan mikrokontroler dalam bentuk modul, memprogram mikrokontroler untuk sebuah aplikasi pemula yang sederhana, berlanjut dengan dasar-dasar robotik dan penggunaan sensor, dan kemudian berlabuh pada aplikasi Robot Green Bird. Dilengkapi dengan berbagai CD program dan video pembuatan Robot Green Bird, buku ini akan menjadi sumber inspirasi dalam membuat makhluk canggih tersebut. So, buruan miliki buku ini. Jadilah penemu robot canggih..!

Buku Membuat Robot Green Bird

Cara Mendapatkannya

Buku ini dapat diperoleh di toko-toko buku Gramedia dan yang lainnya, atau secara online. Dapat juga menghubungi NEXT SYSTEM di alamat email : info@nextsys.web.id atau telepon (022) 4222062.

Testimoni

  • “Secara umum, bacaan dapat dimengerti. Cocok utk anak muda yg gemar dgn perkembangan Teknologi Informasi. Menggunakan gaya komik, menyenangkan untuk dibaca.” — Pendapat dari seorang penulis buku pendidikan (kandidat Doktor Ilmu Pendidikan), 28 Oktober 2013.
  • “Ini suatu terobosan yang bagus di dunia robotik. Khususnya untuk mengenalkan pada anak2. Saya sangat mendukung!” — Pendapat seorang praktisi robotik dan penulis beberapa buku robotik, 1 November 2013.
  • “Buku yg sangat memberkati. Isinya sangat terstruktur dan mudah dimengerti, saya sangat merekomendasikan sebagai buku wajib untuk semua orang termasuk anak2 yang tertarik dengan pengenalan dunia robotik.” — Pendapat seorang pembaca melalui Facebook, 3 November 2013.
  • “Buku ini sangat bagus dan menarik untuk dibaca! Saya sudah 20 tahun lebih tidak menekuni dunia mikrokontroler, dan setelah membacanya, menjadi bersemangat untuk kembali mengoprek.” — Pendapat orang tua siswa satu sekolah favorit di kota Bandung, 5 November 2013.