«

»

Feb 09

ATmega8535 Lebih Stabil Dibanding ATmega16/32?

ATmega8535/16/32 adalah tiga varian mikrokontroler AVR yang mudah diperoleh di pasaran, khususnya di kota Bandung. Ketiganya pun sering digunakan dalam kelas pelatihan mikrokontroler dan robotik yang diadakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, sejak tahun 2007.

Namun, pertanyaan di atas muncul ketika sejumlah siswa yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba robot tingkat nasional beberapa waktu lalu, melihat kejanggalan pada robot yang digunakannya. Robot tersebut dicatu dengan AVR ATmega32 dan diprogram dengan WinAVR. Dalam beberapa kesempatan, dengan program yang sama, robot seolah mengalami RESET, dan nyelonong ke luar arena.

Pengalaman serupa berikutnya disampaikan oleh tim robotik lain, yang juga menggunakan ATmega32. Tim ini menyampaikan bahwa kejadian serupa tidak pernah terjadi ketika mereka menggunakan ATmega8535.

Apakah dapat disimpulkan bahwa ATmega8535 lebih stabil dibanding ATmega16/32?

Sebelum menyimpulkan demikian, sebaiknya kita melihat referensi yang di-release oleh pihak pembuat – Atmel, tahun 2004 lalu. Mereka me-release dokumen AVR088 – Migrating between ATmega8535 and ATmega16, yang menjelaskan perbedaan keduanya, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika melakukan migrasi.

 

ATmega16 dan ATmega32 memiliki rancangan yang hampir sama. Keduanya hanya berbeda dalam hal ukuran ruang untuk program. Sementara ATmega8535, walaupun core architecture-nya sama, namun memiliki karakteristik listrik yang sedikit berbeda. Datasheet masing-masing memberikan informasi yang rinci dan lengkap.

Hanya saja, harus diakui, mempelajari datasheet bukanlah hal yang mudah dan menantang, karena informasi di dalamnya sangat teknis; dan tidak banyak yang menyukainya 😉 Namun, hal penting ini dibahas secara khusus di salah satu sesi dalam kelas Pemrograman Mikrokontroler AVR yang diselenggarakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Beberapa referensi dari pihak Atmel yang dapat menjadi pertimbangan ketika merancang rangkaian berbasis mikrokontroler AVR, diantaranya: