«

»

Jan 06

Android dan Board IOIO

IOIO (dibaca Yo-Yo) adalah sebuah board yang secara khusus dirancang untuk bekerja dengan piranti Android. Board ini memungkinkan kita untuk menghubungkan rangkaian elektronik dengan divais Android dan mengendalikannya melalui sebuah aplikasi Android.

Board ini memiliki konektivitas yang baik ke divais Android melalui koneksi USB atau bluetooth, dan dapat dikendalikan secara penuh dari aplikasi Android menggunakan sebuah Java API yang sederhana dan intuitif – tidak memerlukan embedded programming atau programmer eksternal.

Board IOIO terdiri dari sebuah MCU yang bertindak sebagai USB host, yang menerjemahkan perintah yang dikirim dari aplikasi Android. Sebagai tambahan, IOIO dapat ber-interaksi dengan periferal divais – digital I/O, PWM, Analog Input, I2C, SPI dan UART, seperti halnya kebanyakan MCU. Kode untuk mengontrol antarmuka ditulis dengan cara seperti kita menulis aplikasi Android, dengan pertolongan library yang mudah digunakan. Dengan kata lain, kita dapat menggabungkan computing power, konektivitas internet / bluetooth, touch screen dan sejumlah sensor dari divais Android dengan kemampuan untuk menambahkan periferal divais untuk berinteraksi dengan dunia luar, dengan mudah, tanpa harus me-modifikasi hardware atau software divais Android.

Situs sparkfun.com menyediakan sebuah tutorial untuk pemula yang cukup komprehensif, dan menyertakan sejumlah link terkait.

Sejumlah software dan firmware yang dibutuhkan untuk bekerja dengan IOIO dapat di-download di Android Software and IOIO Application Firmware Images.