«

»

Apr 24

NS.One dan Ethernet Wiznet 5100

Mengembangkan aplikasi berbasis embedded system dan ethernet, dengan NS.One, mudah dan menyenangkan. Dalam contoh berikut, NS.One – dengan mikrokontroler AVR ATmega32, dihubungkan dengan modul Ethernet berbasis Wiznet 5100, dengan antarmuka sebagai berikut:

** Pin SCK (15), MISO (14), MOSI (13) dan SS (12).

Bila menggunakan ethernet shield dari dfrobot.com, pastikan pin Reset Ethernet Shield dihubungkan dengan pin R (Reset) pada board NS.One. Atau, menghubungkan pin Reset Ethernet Shield dengan salah satu pin output dari NS.One, misal pin 21, kemudian di bagian setup tambahkan perintah untuk membangkitkan sinyal reset.

pinMode(21,OUTPUT);
delay(50);
digitalWrite(21,HIGH);

Jangan lupa menghubungkan power dari ethernet shield. Power dapat diambil dari board NS.One melalui power pin yang disediakan, dan seluruh pin Ground dari ethernet shield, dihubungkan dengan pin Ground board NS.One.

Jalankan software NS.One for Windows, buka contoh program Examples | Ethernet | Web Server, sesuaikan ip address yang ada dalam program, compile, kemudian upload. Di komputer yang terhubung dengan NS.One + Ethernet Shield, buka web browser, dan tuliskan ip address dari NS.One. Pada browser akan tampil sejumlah informasi bacaan sensor analog.

Berikut adalah screenshot dari browser yang terhubung dengan board NS.One/16 + Ethernet Shield:

Mudah bukan?

NS.One menawarkan solusi yang mudah dan menyenangkan, guna mendorong produktivitas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi NS.One, baik produk maupun pelatihannya, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, (022) 70775874

Email: info@nextsys.web.id