«

»

Mar 26

Berhemat dengan Arduino Severino

Seringkali kita dihadapkan pada kondisi tidak bisa memilih, sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, akhirnya kita harus memilih solusi yang sebenarnya kurang maksimal alias boros.

Ketika “bermain” menggunakan Arduino, kondisinya pun kurang lebih demikian. Karena vendor hanya menyediakan pilihan Arduino Uno yang berbasis ATmega328, yang memiliki ruang untuk program ~ 31k, maka pilihan pun harus jatuh ke produk yang satu ini, padahal, aplikasi yang dikembangkan hanya memerlukan ruang program kurang dari 8k.

Seorang kawan mengatakan, “Membuat aplikasi blink-blink yang memerlukan ruang program tidak lebih dari 2k dengan ATmega328, apa kata dunia?

Coba kita cermati statistik dari aplikasi yang pernah kita kembangkan. Berapa banyak aplikasi yang memerlukan ruang program lebih dari 8k? Mungkin tidak lebih dari 10% atau malah tidak ada!

Jadi, bila faktanya demikian, untuk apa membayar lebih untuk sesuatu yang tidak diperlukan? Bukankah ini sebuah pemborosan?

Sejauh ini, untuk mereka yang senang dengan solusi Arduino, board Arduino Severino yang berbasis ATmega8 – yang memberikan ruang program 7k,┬ámerupakan pilihan yang terbaik – cost effective, dibanding seri low end lainnya.

Untuk mereka yang lebih senang memrogram dengan cara klasik, ruang program 8k yang dimiliki ATmega8 dapat dimaksimalkan.

Mari berhemat dengan Arduino Severino.

Board Arduino Severino dapat diperoleh di NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.