«

»

Feb 22

Arduino Severino dengan ATmega8

Arduino adalah sebuah solusi terpaket yang terdiri dari board hardware dengan mikrokontroler AVR serta software yang dikembangkan menggunakan Bahasa Java dan menggunakan Bahasa C sebagai rujukan dalam memrogram. Ide pengembangannya “mencontoh” mikrokontroler turunan : BASIC Stamp dari Parallax yang cukup populer. Terakhir, beberapa meng-klaim Arduino sebagai BASIC Stamp Killer.

Dengan menyembunyikan sejumlah setting yang cukup rumit di sisi software, menjadikan pemrograman Arduino terlihat mudah, terutama bagi pemula. Anak SD kelas 5 pun dapat memrogramnya dengan baik, seperti yang terlihat dalam kelas Microcontroller for Kids dan program Eureka! yang diselenggarakan NEXT SYSTEM Robotics Learning Center.

Arduino Severino adalah board Arduino single sided versi lawas dengan koneksi Serial RS232. Versi terakhir (S3V3) dirancang oleh Adilson Akashi, dengan penyempurnaan di sejumlah bagian, baik rangkaian maupun layout PCB.

Arduino Severino

Arduino Severino sangat cocok untuk mereka yang ingin ber-eksperimen Arduino dengan biaya yang ekonomis. Juga cukup mudah dalam maintenance dan penanganan kerusakan, karena tidak menggunakan komponen tipe SMD.

Untuk pemrograman dengan laptop yang tidak memiliki port serial DB9, dapat memanfaatkan USB to Serial Converter, seperti tampak pada gambar.

Pada board dapat dipasang mikrokontroler AVR ATmega8 atau ATmega168 atau ATmega328 yang telah dilengkapi dengan bootloader yang sesuai.

Dalam setting di bagian software, bila menggunakan ATmega8, dapat memilih opsi Arduino NG atau yang lebih lawas. Bila menggunakan ATmega168, dapat memilih opsi Arduino Diecimila. Bila menggunakan ATmega328, dapat memilih opsi Arduino Duemilanove atau Nano w/ ATmega328 (default speed dirubah menjadi 19200 dengan meng-edit file boards.txt).

Ketika memrogram, jangan memilih Tools | Burn Bootloader, karena akan menyebabkan bootloader corrupt dan board tidak akan berfungsi dengan baik.

Bagi yang berminat memiliki Arduino Severino atau mengikuti pelatihan intensif Pemrograman Mikrokontroler dan Robotik dengan Arduino atau menggunakan Arduino sebagai bagian dari proyek Tugas Akhir, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Experience Center
ITC Kosambi Ruko F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 085100775874

Email: info@nextsys.web.id.